Sharing Session 1 FKIP

Meningkatkan Peluang Meraih Hibah Penelitian: Sharing Session 1 FKIP Universitas Tadulako

Senin, 1 Juli 2024, FKIP Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan Sharing Session 1 bertema “Kiat-Kiat Bersaing dalam Hibah Kompetisi” pada tanggal 01 Juli 2024, pukul 10.00 WITA, di ruang Senat FKIP. Acara ini terbuka untuk semua dosen di Untad dan dapat diakses secara virtual melalui Zoom Meeting. Materi Sharing Session 1 dibawakan oleh Prof. Dr. Jusman Mansyur, Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako, yang memiliki pengalaman luas dalam meraih hibah penelitian.

Sharing Session 1 ini merupakan langkah strategis Untad untuk mendorong para dosennya agar lebih aktif dalam melakukan penelitian dan meningkatkan peluang mendapatkan pendanaan hibah. Hibah penelitian sangat penting untuk mendukung kemajuan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di Untad.

Acara ini membahas berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan dalam meraih hibah penelitian, mulai dari memahami persyaratan dan aturan hingga strategi menyusun proposal yang kompetitif.

Berikut beberapa poin penting yang akan dibahas dalam Sharing Session 1:

1. Administrasi dan Rekam Jejak:

  • Memperbaiki Profil di SI SINTA: Profil SI SINTA yang lengkap dan terupdate merupakan faktor penting dalam menentukan eligibilitas dan kredibilitas seorang peneliti. Para dosen akan diajak untuk memahami sistem SI SINTA, cara memperbaiki profil, dan pentingnya menjaga rekam jejak penelitian.

  • Memahami Persyaratan Eligibilitas pada Skim Hibah: Setiap skim hibah memiliki persyaratan eligibilitas yang berbeda-beda. Para dosen akan mempelajari bagaimana memahami persyaratan, memilih skim yang sesuai dengan bidang penelitian, dan memastikan kelengkapan dokumen.

  • Menguasai Sistem dan Aturan Pengisian Proposal: Sistem dan format pengisian proposal hibah memiliki aturan yang spesifik. Para dosen akan diajarkan cara mengisi proposal dengan benar, menghindari kesalahan umum, dan memaksimalkan presentasi ide penelitian.

2. Substansi Proposal:

  • Menentukan Novelty dan State-of-the-Art Penelitian: Suatu proposal penelitian harus memiliki novelty atau keunikan yang membedakannya dari penelitian sebelumnya. Para dosen akan diajari bagaimana menentukan novelty, melakukan review literature secara komprehensif, dan menyusun state-of-the-art yang kuat.

  • Menyusun Road Map Penelitian: Road map penelitian merupakan rencana yang jelas dan sistematis mengenai langkah-langkah penelitian yang akan dilakukan. Para dosen akan mempelajari cara menyusun road map yang efektif, realistis, dan terukur.

  • Mencari Sumber Ide Penelitian yang Relevan: Ide penelitian yang berkualitas merupakan kunci utama dalam meraih hibah. Para dosen akan mendapatkan tips dan inspirasi dalam menemukan ide penelitian yang inovatif, relevan, dan berdampak bagi masyarakat.

3. Membangun Rekam Jejak Penelitian:

  • Memanfaatkan Pengalaman Pribadi: Pengalaman pribadi dalam mengajar, berinteraksi dengan masyarakat, atau melakukan pengabdian masyarakat dapat menjadi sumber ide penelitian yang berharga. Para dosen akan diajak untuk menggali dan mengolah pengalaman pribadi menjadi ide penelitian yang relevan.

  • Mengidentifikasi Masalah di Lapangan: Masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, baik di level lokal maupun global, dapat menjadi topik penelitian yang penting. Para dosen akan mempelajari cara mengidentifikasi masalah, menganalisisnya secara sistematis, dan merumuskan solusi yang berbasis penelitian.

  • Menjelajahi Hasil Penelitian Sebelumnya: Membaca dan menganalisis hasil penelitian sebelumnya dapat memberikan inspirasi dan memperkaya ide penelitian. Para dosen akan diajarkan cara melakukan review literature, menemukan gaps penelitian, dan mengembangkan ide penelitian yang lebih maju.

Sharing Session 1 ini diharapkan dapat menjadi bekal yang bermanfaat bagi para dosen FKIP Untad untuk:

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajukan proposal hibah penelitian.

  • Membangun rekam jejak penelitian yang kuat dan kompetitif.

  • Memperoleh pendanaan hibah yang dapat mendukung kemajuan riset di Untad.

Check Also

PENERIMAAN SK CLEANING SERVICE

FKIP Universitas Tadulako Mantapkan Langkah Kebersihan: Penyerahan SK Cleaning Service untuk Lingkungan Kampus yang Lebih Nyaman

Palu, 12 Juli 2024 – Sebuah langkah baru diambil oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan …