Transformasi Pendidikan: Pendampingan Penyusunan Kurikulum OBE di FKIP Universitas Tadulako untuk Lulusan Unggul

Palu, 2 Juli 2024 – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan pembelajaran di Universitas Tadulako, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) menggelar kegiatan Pendampingan Penyusunan Kurikulum OBE (Outcome-Based Education) untuk Program Studi yang diselenggarakan oleh Pusat Kurikulum dan Sumber Belajar (KSB).

Acara ini diadakan sesuai dengan Surat Kepala LPMPP Universitas Tadulako Nomor 0440/UN28.32/PG/2024 tanggal 20 Juni 2024 perihal Permohonan Pendampingan. Dalam surat tersebut, LPMPP meminta setiap Program Studi untuk mempersiapkan Draft Kurikulum OBE yang mencakup Profil Program Studi, Visi Keilmuan, Tujuan Program Studi, Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Body of Knowledge, Bahan Kajian, Rencana Mata Kuliah Program Studi, dan Peta Kurikulum.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Selasa, 2 Juli 2024, mulai pukul 08.30 WITA hingga selesai, bertempat di Ruang Senat FKIP Universitas Tadulako, Gedung Serba Guna 1 Lantai 2. Acara tersebut dihadiri oleh para dosen dan perwakilan dari berbagai Program Studi di Universitas Tadulako.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Universitas Tadulako, Dr. Jamaludin, M.Si, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan menekankan pentingnya penyusunan kurikulum yang berorientasi pada capaian pembelajaran lulusan. “Dengan kurikulum yang baik dan terstruktur, kita dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” ujar Dr. Jamaludin.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Sahrul Saehana, juga menambahkan bahwa pendampingan ini adalah langkah strategis untuk memastikan setiap Program Studi memiliki kurikulum yang sesuai dengan standar OBE. “Kami berharap, melalui kegiatan ini, setiap Program Studi dapat menyusun kurikulum yang lebih berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri serta perkembangan ilmu pengetahuan,” kata Dr. Sahrul.

Para peserta tampak antusias mengikuti sesi-sesi pendampingan yang diberikan oleh para narasumber dari Pusat Kurikulum dan Sumber Belajar. Mereka berdiskusi dan mendapatkan arahan terkait penyusunan setiap komponen kurikulum OBE, yang diharapkan dapat diterapkan di Program Studi masing-masing.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyusunan dan presentasi draft kurikulum oleh setiap Program Studi. Para peserta menyatakan bahwa pendampingan ini sangat bermanfaat dalam memperkuat kapasitas mereka dalam merancang kurikulum yang lebih baik dan berorientasi pada hasil.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan setiap Program Studi di Universitas Tadulako dapat segera mengimplementasikan kurikulum OBE dan terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Check Also

Profil FKIP UNTAD 2024