Sejarah FKIP Universitas Tadulako

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako hadir pertama kali di bumi kaili dengan status TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 94/B-SWT/P/64 tanggal 12 September 1964 dengan 2 jurusan yakni Jurusan Ilmu Hayat dan Ilmu Pendidikan.

Pada tanggal 1 Januari 1966 sesuai Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 1 dan 2, Universitas Tadulako terpecah menjadi 2 perguruan tinggi yakni menjadi cabang Universitas Hasanuddin (UNHAS) bagi Fakultas non-kependidikan dan cabang Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Makassar, dimana FKIP bernaung di bawahnya.

Dalam perjalanannya sebagai bagian dari IKIP Makassar Cabang Palu, terdapat tiga fakultas dan enam jurusan, yaitu: (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan jurusan Pendidikan Sosial, dan Pendidikan Umum; (2) Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), dengan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris; dan (3) Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), dengan jurusan Pendidikan Ilmu Pasti (Matematika), dan Pendidikan Ilmu Hayat (Biologi).

Setelah melalui proses perjalanan dan perjuangan yang panjang selama bertahun-tahun, dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Pusat (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan), kedua cabang yang terpisah, yaitu Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin, dan IKIP Ujung Pandang (sebelumnya Bernama IKIP Makassar) bergabung kembali.

Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah, Tim Koordinator PTST, Rektor UNHAS, Rektor IKIP Ujung Pandang, dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, serta dukungan masyarakat Sulawesi Tengah membuat status kedua cabang ditingkatkan menjadi perguruan tinggi negeri yang berdiri sendiri dengan nama Universitas Tadulako disingkat UNTAD. Berdirinya UNTAD sebagai perguruan tinggi negeri itu sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 36 Tahun 1981 tanggal 14 Agustus 1981. Namun demikian, tepatnya tanggal 18 Agustus 1981, dilakukan peresmian UNTAD sekaligus pelantikan Prof. Dr. H.A. Mattulada sebagai Rektor Pertama Universitas Tadulako.

Setelah menjadi universitas negeri yang berdiri sendiri, FKIP menjadi salah satu dari lima fakultas di UNTAD, yaitu (1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; (2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; (3) Fakultas Ekonomi; (4) Fakultas Hukum; dan (5) Fakultas Pertanian. FKIP pada awal UNTAD terbentuk terdiri atas empat jurusan dan delapan program studi, yaitu: (1) Jurusan Ilmu Pendidikan, dengan program studi Pendidikan Luar Sekolah, dan Pengembangan Kurikulum; (2) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, dengan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Bahasa Inggris; (3) Jurusan Pendidikan Metematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan Program studi Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Matematika, dan (4) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dengan program studi Pendidikan Moral Pancasila, dan Pendidikan Sejarah.

Seiring perkembangannya, sampai saat ini FKIP UNTAD telah memiliki 4 jurusan dan 18 program studi (13 program studi sarjana, 1 program profesi dan 4 program studi magister), yakni:

Jurusan Ilmu Pendidikan, dengan program studi:

  1. Bimbingan dan Konseling (BK)
  2. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  3. Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
  4. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, dengan program studi:

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
  4. Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dengan program studi:

  1. Pendidikan Biologi
  2. Pendidikan Matematika
  3. Pendidikan Fisika
  4. Pendidikan Kimia
  5. Magister Pendidikan Matematika

Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, dengan program studi:

  1. Pendidikan Sejarah
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Geografi
  4. Magister Pendidikan Sejarah

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Sejak berstatus negeri di bawah Universitas Tadulako, Dekan FKIP telah 12 kali mengalami pergantian. Dosen yang pernah menjabat sebagai Dekan FKIP adalah:

No Nama Masa Jabatan
1. Drs. H. Amir Kadir Periode 1982 s.d. 1985
2. Drs. M. Daris Mattoreang Periode 1985 s.d. 1988
3. Drs. H. Syamsuddin H. Chalid Periode 1988 s.d. 1993
4. Drs. H. Abdul Ghani Hali, M.A. Periode 1993 s.d. 1996
5. Prof. Drs. H. Tjatjo Thaha, M.Si. Periode 1996 s.d. 2004
6. Dra. Hj. Nurhayati Ponulele, M.S. Periode 2004 s.d. 2008
7. Prof. H. Hasan Basri, M.A., Ph.D. Periode 2008 s.d. 2011
8. Dra. Mestawati As. A. M.P. Periode 2011 s.d. 2012
9. Dr. H. Gazali Lembah, M.Pd. Periode 2012 s.d. 2016
10. Dr. H. Lukman, M.Hum. Periode 2016 s.d. 2019
11. Dr. Anshari Syafar, M.Sc. Periode 2019 s.d. 2020
12. Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd., M.Si. Periode 2020 s.d. 2024
Scroll to Top