Workshop Laboratorium Bahasa

Universitas Tadulako Gelar Workshop Inovatif: Pengembangan Laboratorium Bahasa Berbasis Linguistik Forensik dan Cyber Pragmatik

Palu, 04 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako mengadakan Workshop Pengembangan Laboratorium Pengajaran Bahasa yang berfokus pada Linguistik Forensik dan Cyber Pragmatik. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, dari 4 hingga 5 Juni 2024, di Sriti Convention Hall ini dihadiri oleh para pakar dan akademisi terkemuka di bidang bahasa.

Sesi Tanya Jawab Workshop Pengembangan Laboratorium Bahasa

Workshop ini dibuka oleh Dekan FKIP, Dr. Jamaludin, M.Si., yang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini dan menekankan pentingnya inovasi dalam pengajaran bahasa di era digital. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan baru dan metode pengajaran yang lebih efektif di bidang linguistik forensik dan cyber pragmatik,” ujar Dr. Jamaludin.

Ketua Pengelola Laboratorium Pembelajaran Bahasa, Dr. Ulinsa, M.Hum., juga menyampaikan harapannya agar workshop ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang bermanfaat bagi para peserta. “Kami berharap melalui workshop ini, peserta dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengajar bahasa dengan pendekatan yang lebih modern dan relevan dengan kebutuhan saat ini,” katanya.

Acara ini menghadirkan beberapa pemateri ahli, termasuk Dr. Asrif, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah, yang membawakan materi pertama, serta Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum., yang menyampaikan materi kedua. Kedua pemateri ini memberikan paparan mendalam mengenai penerapan linguistik forensik dan cyber pragmatik dalam pembelajaran bahasa.

Selain itu, doa yang dipimpin oleh Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu, Lc., M.Ed., menambah keberkahan dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Beliau berharap agar workshop ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta.

Workshop Laboratorium Pengajaran Bahasa

Workshop ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam pengembangan laboratorium pengajaran bahasa di Universitas Tadulako, sekaligus memperkuat kompetensi para pengajar bahasa dalam memanfaatkan teknologi dan pendekatan terbaru dalam pembelajaran.

Susunan Acara:

  1. Pembukaan oleh Dekan FKIP, Dr. Jamaludin, M.Si.
  2. Pemaparan Materi Pertama oleh Dr. Asrif, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Sulawesi Tengah)
  3. Pemaparan Materi Kedua oleh Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.
  4. Pembacaan Doa oleh Yusdin Bin Mahmudin Gagaramusu, Lc., M.Ed.

Acara ini diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam pengembangan metode pengajaran bahasa yang lebih adaptif dan inovatif di era digital ini.

Check Also

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Menggelar Qurban 13 Sapi dalam Perayaan Idul Adha

Palu, 19 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (UNTAD) menggelar perayaan …