Profil Prodi Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNTAD 2023

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Tadulako adalah program studi yang berfokus pada pengembangan pemahaman dan pembelajaran tentang Pancasila dan kewarganegaraan. Prodi ini memiliki komitmen kuat dalam melahirkan para calon guru yang mampu mengajarkan nilai-nilai Pancasila dan membentuk warga negara yang berkualitas.

Profil Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di FKIP Universitas Tadulako menggambarkan pendekatan holistik dalam pembelajaran. Program studi ini memberikan penekanan pada pemahaman mendalam tentang Pancasila sebagai dasar negara dan landasan moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, prodi ini juga mengajarkan pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai kewarganegaraan, seperti demokrasi, keadilan sosial, persatuan, dan kesatuan.

Kurikulum Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang dengan matang untuk mencakup berbagai mata kuliah yang relevan. Mahasiswa diajarkan tentang sejarah dan filosofi Pancasila, prinsip-prinsip demokrasi, hak asasi manusia, konstitusi negara, politik, hukum, dan isu-isu sosial dalam konteks kewarganegaraan. Selain itu, prodi ini juga memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan materi pembelajaran, metode pengajaran yang inovatif, dan evaluasi pembelajaran.

Dalam Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan pengalaman lapangan di berbagai institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan. Hal ini memberikan mereka kesempatan praktis untuk mengamati dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam lingkungan nyata. Mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan.

Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Tadulako memiliki dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidangnya. Mereka memiliki dedikasi yang tinggi dalam membimbing mahasiswa untuk menjadi guru yang kompeten dan berintegritas tinggi. Dosen juga aktif dalam penelitian dan pengembangan kurikulum untuk terus memperbarui materi pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Dalam era globalisasi dan tantangan yang kompleks dalam kehidupan bermasyarakat, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter warga negara yang berkualitas dan bertanggung jawab. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Tadulako siap melahirkan lulusan yang memiliki pemahaman mendalam tentang Pancasila dan mampu menjalankan peran penting sebagai agen perubahan dalam membangun masyarakat yang adil, demokratis, dan berkeadilan sosial.

Dengan fasilitas yang lengkap, lingkungan akademik yang kondusif, dan komitmen yang tinggi terhadap keunggulan akademik, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Tadulako menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mengeksplorasi dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila dalam dunia pendidikan dan masyarakat.

Check Also

Akreditasi Unggul Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi PJKR

Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Tadulako Raih Akreditasi Unggul

Palu, 3 Juni 2024 – Universitas Tadulako kembali mencetak prestasi dengan keberhasilan Program Studi Pendidikan …