Pelatihan Calon Penguji Kinerja UKPPPG Bagi Mahasiswa PPG Prajabatan

9 Juni 2024 – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menyelenggarakan pelatihan calon penguji kinerja Uji Kompetensi Pendidik dan Profesi Guru (UKPPPG) bagi mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Juni ini dihadiri oleh 34 peserta, yang terdiri dari 17 dosen dan 17 guru. Peserta pelatihan ini telah ditetapkan oleh Ditjen GTK setelah melalui proses pemeriksaan dokumen persyaratan.

Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para calon penguji, baik dari kalangan dosen maupun guru, dalam melakukan penilaian terhadap perangkat pembelajaran, video pembelajaran, serta studi kasus yang diunggah oleh mahasiswa yang akan diuji. Selain itu, para calon penguji juga dilatih untuk melakukan wawancara dengan mahasiswa.

Kegiatan pelatihan dimulai dengan pretes yang dilakukan secara online. Setelah itu, peserta menerima materi dan melakukan simulasi penilaian. Pelatihan diakhiri dengan postes untuk mengukur pemahaman dan kesiapan calon penguji. Semua instrumen yang digunakan dalam pelatihan ini merupakan hasil pengembangan oleh BP3 Ditjen GTK.

Para calon penguji yang berhasil lulus pelatihan ini akan ditetapkan oleh Ditjen GTK sebagai penguji resmi. Mereka akan diberikan kesempatan untuk menilai dokumen-dokumen yang diunggah oleh mahasiswa dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) lain.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para penguji dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional dan objektif, sehingga kualitas penilaian kinerja mahasiswa PPG Prajabatan dapat terjaga dengan baik.

Check Also

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Menggelar Qurban 13 Sapi dalam Perayaan Idul Adha

Palu, 19 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (UNTAD) menggelar perayaan …