Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban di FKIP Universitas Tadulako

Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban di FKIP Universitas Tadulako merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan kepedulian terhadap masyarakat sekitar kampus. Kegiatan ini melibatkan penyembelihan sebanyak 11 ekor sapi secara keseluruhan. Pada hari pertama, dilakukan pemotongan terhadap 6 ekor sapi, sedangkan pada hari kedua, dilakukan pemotongan terhadap 5 ekor sapi.

Hasil dari pemotongan tersebut, lebih dari 200 kg daging sapi disalurkan kepada masyarakat sekitar kampus. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam memperoleh daging yang berkualitas selama perayaan Hari Raya Qurban.

Sebelum disalurkan kepada masyarakat, daging sapi yang dihasilkan dari pemotongan ini juga melewati tahap pemeriksaan kelayakan oleh Dinas Kesehatan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk memastikan bahwa daging sapi yang disalurkan kepada masyarakat benar-benar aman dan layak konsumsi. Dengan demikian, kegiatan ini juga menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar kampus.

Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban di FKIP Universitas Tadulako menjadi momentum yang penting dalam memperkuat ikatan antara kampus dengan masyarakat sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, dosen, dan staf kampus, yang turut berkontribusi dalam proses pemotongan dan distribusi daging kepada masyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat sekitar kampus dapat merasakan manfaat dari Qurban dengan mendapatkan daging sapi yang berkualitas, serta terjalinnya hubungan yang lebih erat antara kampus dan masyarakat dalam menjaga kebersamaan dan saling membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Hari Pertama Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban

Idul Adha, atau yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban, merupakan momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di FKIP Universitas Tadulako, tradisi pelaksanaan Kurban telah dilaksanakan sejak 3 tahun terakhir. Pada hari pertama tahun dirayakan dengan penuh keharuan dan kebersamaan. Pada tahun ini, FKIP Universitas Tadulako memilih untuk menyembelih 11 ekor sapi sebagai bagian dari ibadah Kurban. Acara ini menarik partisipasi dari seluruh mahasiswa, dosen, dan staf universitas, menciptakan suasana yang penuh berkah dan semangat berbagi.

Hari pertama pelaksanaan Kurban di FKIP Universitas Tadulako dimulai dengan persiapan yang matang. Tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa telah melakukan perencanaan dengan seksama untuk memastikan bahwa setiap detail dijalankan dengan baik. Kesiapan logistik, tempat penyembelihan, dan distribusi daging kepada penerima manfaat telah disiapkan dengan baik. Sebanyak 120 kupon yang telah dibagikan kepada masyarakat dan civitas akademik Kupon ini akan ditukarkan dengan 1 kg daging hewan kurban yaut Sapi.

Pada pagi hari yang cerah, suasana di halaman FKIP Universitas Tadulako dipenuhi dengan kegembiraan dan rasa haru. Enam ekor sapi yang telah dipersiapkan sebelumnya dibawa ke tempat penyembelihan yang telah disiapkan dengan baik. Mahasiswa yang tergabung dalam tim pelaksanaan Kurban menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab dan keberanian.

Sebelum penyembelihan dimulai, dilakukan prosesi pengucapan niat dan doa bersama sebagai tanda kesungguhan dalam menjalankan ibadah Kurban. Setelah itu, sapi-sapi yang akan dikurbankan disiapkan dengan baik. Proses penyembelihan dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti tata cara yang telah ditetapkan dalam ajaran agama. Para mahasiswa yang terlibat dalam proses penyembelihan dilatih untuk memastikan bahwa semuanya dilakukan dengan humanis dan sesuai dengan prinsip-prinsip keagamaan.

Setelah penyembelihan selesai, daging dari keenam sapi tersebut dibagi menjadi bagian-bagian yang telah ditentukan. Bagian daging tersebut kemudian dikemas dengan rapi untuk didistribusikan kepada penerima manfaat. FKIP Universitas Tadulako bekerja sama dengan lembaga sosial setempat dan komunitas yang membutuhkan untuk memastikan bahwa daging Kurban dapat mencapai mereka yang membutuhkan, termasuk keluarga kurang mampu dan masyarakat sekitar universitas.

Pelaksanaan Kurban di hari pertama di FKIP Universitas Tadulako dengan menyembelih 6 ekor sapi telah berjalan dengan lancar dan penuh keharuan. Melalui ibadah Kurban ini, universitas mengajarkan pentingnya berbagi dan kepedulian terhadap sesama. Semangat kebersamaan yang tercermin dalam proses pelaksanaan Kurban ini menjadi bukti nyata komitmen FKIP Universitas Tadulako dalam memperkuat nilai-nilai agama dan kebersamaan di lingkungan kampus. Semoga berkah dari ibadah Kurban ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh komunitas universitas dan masyarakat sekitar.

Susana pelaksananaan pemotongan hewan kurban di hari Pertama

Hari Kedua Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban

Setelah merayakan pelaksanaan Kurban di hari pertama dengan penuh keharuan, FKIP Universitas Tadulako melanjutkan tradisi tersebut di hari kedua dengan semangat yang tak kalah membara. Dalam kegiatan yang berlangsung di lingkungan kampus, FKIP Universitas Tadulako menyembelih 5 ekor sapi sebagai bagian dari ibadah Kurban. Acara ini melibatkan partisipasi dari mahasiswa, dosen, dan staf universitas, menciptakan suasana yang sarat dengan semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama.

Hari kedua pelaksanaan Kurban di FKIP Universitas Tadulako dimulai dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi. Para tim yang terdiri dari mahasiswa dan dosen memastikan segala persiapan logistik, tempat penyembelihan, dan distribusi daging telah disiapkan dengan baik.

Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi mahasiswa yang sebelumnya telah mendaftar sebagai sukarelawan untuk membantu dalam pelaksanaan Kurban. Mereka diberikan kesempatan untuk terlibat secara langsung dalam proses penyembelihan sapi, sehingga dapat memperdalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama dan pentingnya berbagi kepada sesama.

Dalam suasana yang penuh kekhusyukan, sapi-sapi yang telah dipersiapkan sebelumnya dibawa ke tempat penyembelihan. Mahasiswa sukarelawan dengan penuh tanggung jawab menjalankan tugas mereka dengan cermat dan sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan. Seluruh proses penyembelihan dilakukan dengan kehati-hatian dan kepedulian terhadap kesejahteraan hewan, mengikuti prinsip-prinsip keagamaan yang mengajarkan kasih sayang dan keadilan.

Setelah penyembelihan selesai, daging sapi yang dihasilkan dibagi menjadi bagian-bagian yang telah ditentukan. Bagian-bagian tersebut kemudian dikemas dengan rapi untuk didistribusikan kepada penerima manfaat. FKIP Universitas Tadulako menjalin kerja sama dengan lembaga sosial dan komunitas setempat, serta keluarga kurang mampu di sekitar kampus, untuk memastikan bahwa daging Kurban tersebut dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Pelaksanaan Kurban di hari kedua menbagikan sebanayk 70 kupon atau sekitar 70 kg daging Sapi. FKIP Universitas Tadulako dengan menyembelih 5 ekor sapi pada hari kedua berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Berikut dokumentasi pelaksanaan kurban di hari kedua

Upaya untuk menjaga kualitas dan kesehatan hewan kurban, FKIP Universitas Tadulako telah menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Hewan. Kolaborasi ini memungkinkan pemeriksaan kondisi hati sapi setelah dilakukan penyembelihan, memberikan kepastian akan keberlanjutan dan keamanan ibadah Kurban.

FKIP Universitas Tadulako menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kepedulian terhadap kesehatan hewan kurban. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan Kurban tahun ini, FKIP Universitas Tadulako bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Hewan untuk memeriksa kondisi hati sapi setelah proses penyembelihan dilakukan.

Pada hari pelaksanaan Kurban, sebelum proses penyembelihan dilakukan, tim dari Dinas Kesehatan Hewan memeriksa secara menyeluruh kondisi hati sapi. Pemeriksaan hati sapi merupakan langkah penting dalam menjamin keamanan pangan yang dihasilkan dari ibadah Kurban. Tim melakukan evaluasi visual dan menggunakan teknik pemeriksaan medis untuk mendeteksi adanya kelainan atau penyakit pada hati sapi yang mungkin dapat berdampak pada kualitas daging. Hasil pemeriksaan tenaga kesehatan tidak menemukan penyakit atau kondisi daging sapi layak untuk di konsumsi.

Karena tidak ditemukan indikasi adanya masalah kesehatan pada hati sapi, sehingga langkah-langkah yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedur kesehatan hewan. Dengan melibatkan Dinas Kesehatan Hewan dalam pemeriksaan kondisi hati sapi, FKIP Universitas Tadulako memberikan jaminan kepada masyarakat mengenai kualitas dan keamanan daging kurban yang akan dikonsumsi. Hal ini juga menjadi langkah proaktif dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan umat serta menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dalam ibadah Kurban.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top