Gelar Workshop Literasi Digital Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Gelar Workshop “Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran”

Palu, 30 Mei 2024 – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAFI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) sukses menyelenggarakan Workshop Literasi Digital dengan tema “Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran untuk Penguatan Literasi Digital Mahasiswa”. Acara yang berlangsung di Ruangan FKIP 07 ini dihadiri oleh 70 peserta dari berbagai program studi di FKIP, dengan mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai peserta terbanyak.

Workshop ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP Untad, Dr. Iskandar, M.Hum. Dalam sambutannya, Dr. Iskandar mengapresiasi HIMAFI atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap agar workshop ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dalam meningkatkan literasi digital mereka. Beliau menekankan pentingnya literasi digital di era sekarang, di mana informasi mudah diakses namun tidak semuanya akurat dan terpercaya.

HIMAFI FKIP Gelar Workshop Literasi Digital Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran

Koordinator Program Studi Pendidikan Fisika, Dr. Haeruddin, S.Pd., M.Si., juga memberikan sambutannya. Beliau berharap kegiatan ini dapat mendorong kerja sama lebih lanjut antara FKIP Untad dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menurutnya, workshop ini dapat membentuk budaya literasi di kalangan mahasiswa Pendidikan Fisika yang kelak bisa menjadi topik penelitian tugas akhir. “AI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membantu mahasiswa dalam mengakses informasi yang akurat dan terpercaya,” ujarnya.

Workshop ini menghadirkan beberapa narasumber kompeten di bidangnya:

  1. Muhammad Izzatul Faqih, M.Pd. dari Pendidikan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Walisongo Semarang, memaparkan tentang pemanfaatan AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa.
  2. Dr. Hastangka, S.Fil. dari Pusat Riset Pendidikan, BRIN, membahas pemanfaatan AI untuk meningkatkan aksesibilitas dan inklusivitas pendidikan.
  3. Dr. Sabar Budi Raharjo dari Pusat Riset Pendidikan, BRIN, memaparkan pemanfaatan AI untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa.
  4. Drs. Jarwadi, M.Pd. dari Pusat Riset Pendidikan, BRIN, menjelaskan pemanfaatan AI untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa.

Para narasumber memaparkan materi dengan antusias dan memberikan contoh konkret tentang penerapan AI dalam pembelajaran. Mereka juga menekankan pentingnya etika dalam penggunaan AI agar dapat digunakan secara bertanggung jawab dan bermanfaat bagi semua pihak.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Para peserta terlihat antusias dan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber, menunjukkan ketertarikan mereka terhadap materi yang disampaikan dan keinginan untuk mengetahui lebih lanjut tentang penerapan AI dalam pembelajaran.

HIMAFI FKIP Gelar Workshop Literasi Digital Pemanfaatan AI dalam PembelajaranKetua Panitia Workshop, Muhrim, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap workshop ini memberikan manfaat bagi para peserta dan mendorong mereka untuk memanfaatkan AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi digital mereka. Muhrim juga menegaskan komitmen HIMAFI untuk terus menyelenggarakan kegiatan bermanfaat bagi mahasiswa agar menjadi generasi cerdas dan berkarakter.

Ketua HIMAFI, Arifin Ilham L. Gumal, dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Ia berharap HIMAFI dapat terus menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan mendorong mereka menjadi generasi yang cerdas dan berkarakter. Arifin juga berharap workshop ini menjadi awal dari kerjasama lebih erat antara HIMAFI dan BRIN dalam mengembangkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran.

Workshop Literasi Digital ini merupakan salah satu upaya HIMAFI FKIP Untad dalam meningkatkan literasi digital para mahasiswa. HIMAFI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan mendorong mereka menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Dampak dan Manfaat Workshop:

Workshop ini diharapkan memberikan beberapa manfaat bagi para peserta, yaitu:

  1. Meningkatkan pemahaman tentang literasi digital dan pentingnya di era digital.
  2. Meningkatkan pengetahuan tentang pemanfaatan AI dalam pembelajaran.
  3. Meningkatkan motivasi dan kemampuan memanfaatkan AI dalam pembelajaran.

Dengan semangat baru ini, HIMAFI FKIP Untad mengajak seluruh himpunan mahasiswa di lingkungan Universitas Tadulako untuk terus berinovasi dan menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat. Mari bersama-sama kita tingkatkan literasi digital dan kualitas pendidikan di Universitas Tadulako, serta menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Check Also

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Menggelar Qurban 13 Sapi dalam Perayaan Idul Adha

Palu, 19 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (UNTAD) menggelar perayaan …