Gelar Karya Proyek Kepimpinan PPG Tadulako Membuka Peluang Baru untuk Pengabdian Masyarakat

Kamis 6 Juni 2024 – Dalam sebuah upacara yang penuh semangat dan kegembiraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako menggelar gelar karya proyek kepimpinan bagi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) gelombang 1. Acara yang berlangsung di halaman Gedung PPG tersebut menjadi saksi keberhasilan mahasiswa dalam menggali potensi masyarakat dan menghadirkan solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah terpencil.

“Kegiatan ini dihadiri oleh dekan FKIP, wakil-wakil dekan, ketua-ketua jurusan, ketua LPMPP, ketua LPPM, ketua program studi PPG, ketua program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, kepala bagian umum, dosen pengajar, tim pelaksana, kepala sekolah, mahasiswa, serta lembaga-lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan.”

Dekan FKIP Universitas Tadulako, Dr. Jamaludin, M.Si, secara resmi membuka acara karya proyek kepimpinan gelombang 1 Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada Kamis, 6 Juni 2024. Dalam sambutannya, Dr. Jamaludin menyoroti keistimewaan kegiatan ini karena mampu menggali potensi mahasiswa serta potensi di berbagai desa dan tempat terpencil. Ia menegaskan bahwa anak-anak di desa-desa tersebut memiliki potensi yang besar, yang perlu diberikan kesempatan untuk dieksplorasi.

Program PPG dipandang sebagai sarana yang menyatukan teori dan praktek dalam pendidikan. Dr. Jamaludin mengungkapkan bahwa desa-desa yang menjadi sasaran kegiatan ini akan menjadi desa binaan, sehingga pengabdian tidak hanya berhenti dengan berakhirnya acara, tetapi akan berkelanjutan untuk memperbaiki kondisi pendidikan di daerah-daerah tertentu.

Selain itu, Dr. Jamaludin juga mengapresiasi temuan dari mahasiswa PPG terkait kondisi pendidikan di daerah. Ia menekankan perlunya penyelesaian segera terhadap masalah-masalah yang ditemukan. Dr. Jamaludin berharap agar desa-desa yang menjadi fokus temuan mahasiswa dapat menjadi sasaran pengabdian kedua, sehingga upaya perbaikan pendidikan di sana bisa berkelanjutan.

 

Acara ini meliputi berbagai tahapan, mulai dari pemaparan hasil karya proyek kepimpinan, proses penilaian oleh penguji, pengolahan nilai, hingga pengumuman hasil karya proyek kepimpinan oleh koordinator prodi.

 

 

Dengan demikian, gelaran karya proyek kepimpinan PPG bukan hanya merupakan momen penting dalam mengeksplorasi potensi pendidikan, tetapi juga menjadi langkah konkret dalam memperbaiki kondisi pendidikan di berbagai daerah, dengan melibatkan partisipasi aktif mahasiswa sebagai agen perubahan.

Check Also

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Menggelar Qurban 13 Sapi dalam Perayaan Idul Adha

Palu, 19 Juni 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako (UNTAD) menggelar perayaan …