Sejarah FKIP Universitas Tadulako

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) adalah salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Tadulako. Fakultas ini sebelumnya merupakan salah satu fakultas pada Universitas Tadulako dengan status “TERDAFTAR” berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 94/B-SWT/P/64 tanggal 12 September 1964 dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Ilmu Hayat dan Pendidikan.

Dalam perkembangan selanjutnya, Universitas Tadulako terpecah menjadi dua Perguruan Tinggi yang masing-masing berstatus cabang, yakni Universitas Tadulako Cabang Universitas Hasanuddin, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) Nomor 1 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966 dan IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Makassar Cabang Palu berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) Nomor 2 Tahun 1966 tanggal 1 Januari 1966. IKIP itulah yang kemudian diproses menjadi FKIP.

IKIP Makassar Cabang Palu yang sebelumnya hanya terdiri dari dua Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Umum dan Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta Jurusan Ilmu Hayat, dengan Surat Keputusan Rektor IKIP Makassar tanggal 15 April 1967, N0.092/pend/IKIP/67. Kemudian pada tanggal 26 Maret 1968 dengan Surat Keputusan Rektor IKIP Makassar N0. 246/Educ/1/IKIP/3/68, pada dua Fakultas tersebut, ditambah lagi masing-masing satu Jurusan. Pada Fakultas Ilmu Pendidikan ditambah Jurusan Pendidikan Sosial (PS) dan pada Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta ditambah dengan Jurusan Ilmu Pasti (Matematika).

    1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan Jurusan:
      • Pendidikan Sosial
      • Pendidikan Umum
    2. Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), dengan Jurusan
    1. Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), dengan Jurusan
  • Pendidika Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris

3. Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE), dengan Jurusan:

  • Pendidikan Ilmu Pasti (Matematika)
  • Pendidikan Ilmu Hayat (Biologi)

 

Dengan demikian sejak tahun 1968 IKIP Makassar Cabang Palu memiliki tiga buah fakultas dan enam jurusan masing-masing sebagai berikut: