Pembukaan TIRANI Goes to School (TGTS) di FKIP Universitas Tadulako

Hari Kamis, 13 Juni 2024, Lembaga Kesenian TIRANI FKIP Universitas Tadulako menggelar acara pembukaan untuk kegiatan “TIRANI Goes to School” (TGTS) di Gedung 07 FKIP. Acara ini dihadiri oleh berbagai komponen mahasiswa, ketua-ketua lembaga di lingkup FKIP, serta perwakilan dari Lembaga Kesenian Universitas Tadulako.
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Humaedi, S.Pd., M.Pd., yang dalam sambutannya menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Beliau menekankan pentingnya pendidikan dan pengembangan seni di kalangan siswa sebagai salah satu bagian integral dari pengembangan karakter dan kreativitas.
TIRANI Goes to School (TGTS) merupakan inisiatif yang bertujuan untuk membawa semangat seni dan pendidikan ke salah satu sekolah yang dipilih berdasarkan hasil observasi menyeluruh. Program ini akan memberikan pelatihan intensif kepada siswa di sekolah tersebut, dengan fokus utama pada seni musik, puisi, tari, dan teater.
“Tujuan dari TGTS adalah untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni dan mengembangkan keterampilan siswa, serta membangun karakter dan kreativitas mereka,” ujar salah satu koordinator acara. “Kami yakin bahwa seni tidak hanya sebagai media ekspresi diri, tetapi juga sebagai alat untuk mengembangkan kemampuan seperti empati, kerjasama, dan pemikiran kritis pada siswa.”
pelaksanaan kegiatan TGTS akan berlangsung di sekolah yang telah dipilih setelah melalui proses observasi dan penilaian yang teliti. Tim TGTS juga akan menyusun berbagai perangkat ajar yang akan digunakan sebagai materi pembelajaran bagi siswa.

Acara akan mencapai puncaknya dengan diadakannya mini konser atau mini pagelaran, di mana para siswa akan menampilkan hasil karya seni mereka yang telah dipersiapkan selama kegiatan. Evaluasi terhadap progres penggarapan akan dilakukan pada akhir acara ini, sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa siswa-siswa dapat mengembangkan potensi seni mereka secara maksimal.

Setelah kegiatan TGTS selesai, para siswa akan memiliki kesempatan untuk menampilkan karya seni mereka dalam skala yang lebih besar, yaitu dalam acara TIRANI Art Show. Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi para siswa untuk lebih mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka kepada masyarakat luas.

Ini merupakan langkah awal dari TIRANI FKIP Universitas Tadulako dalam menggalang semangat seni dan pendidikan di kalangan sekolah, dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembentukan karakter dan pengembangan kreativitas generasi muda.

Check Also

PENERIMAAN SK CLEANING SERVICE

FKIP Universitas Tadulako Mantapkan Langkah Kebersihan: Penyerahan SK Cleaning Service untuk Lingkungan Kampus yang Lebih Nyaman

Palu, 12 Juli 2024 – Sebuah langkah baru diambil oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan …