Inovasi Pendidikan: Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi di M.Ts. Al-Khairaat Bora

Bora, 27 Juli 2024 – Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tim yang terdiri dari Dr. Haeruddin, S.Pd, M.Si, Dr. I Komang Werdhiana, M.Si, Muhammad Jarnawi, S.Pd., M.Pd., dan Syamsuriwal, S.Pd., M.Pd. mengadakan pelatihan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya berpikir di M.Ts. Al-Khairaat Bora.

Kegiatan ini merupakan bagian dari skema diseminasi hasil penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di sekolah. Sebelum pelatihan dimulai, para siswa M.Ts. Al-Khairaat Bora diberikan angket untuk mengidentifikasi profil gaya belajar dan gaya berpikir mereka, memastikan pelatihan dapat lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Selama pelatihan, para peserta diajak untuk langsung mempraktikkan pembuatan Rencana Pembelajaran yang berdiferensiasi. Sesi presentasi dipandu oleh Dr. Haeruddin, Muhammad Jarnawi, M.Pd., dan Syamsuriwal, M.Pd. yang memberikan panduan serta masukan berharga. Para pemateri berbagi ilmu dan pengalaman untuk membantu para guru dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.

Kepala Sekolah M.Ts. Al-Khairaat Bora, Ibu Munifah, S.Ag., menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap kegiatan serupa dapat terus diadakan di sekolahnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa.

Pelatihan ini juga mencakup pemantauan terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi di masing-masing kelas. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ilmu yang telah disampaikan dalam pelatihan dapat diterapkan dengan baik dan memberikan hasil yang diharapkan.

 

Ringkasan Materi Pembelajaran Berdiferensiasi:

  1. Pengenalan Pembelajaran Berdiferensiasi:
    • Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan yang memungkinkan guru memberikan dukungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
  2. Prinsip Dasar Pembelajaran Berdiferensiasi:
    • Mengenali karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.
    • Memahami bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki hak untuk mendapatkan pendekatan belajar yang berbeda.
    • Mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada murid dan disesuaikan dengan capaian dan tingkat kemampuan masing-masing.
  3. Aspek Pembelajaran Berdiferensiasi:
    • Konten: Materi yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
    • Proses: Kegiatan belajar yang bermakna disesuaikan dengan gaya belajar dan kemampuan siswa.
    • Asesmen: Penilaian dilakukan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran melalui produk atau hasil belajar siswa.
  4. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi:
    • Menyusun Rencana Pembelajaran yang berdiferensiasi.
    • Mengidentifikasi keberagaman dan kebutuhan siswa melalui angket dan observasi.
    • Menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang beragam untuk mengakomodasi perbedaan siswa.
  5. Refleksi dan Evaluasi:
    • Mengkaji kembali proses pembelajaran yang telah dilakukan.
    • Mengevaluasi apa yang sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada murid dan apa yang perlu dikembangkan.
    • Melibatkan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran dan pengembangan siswa.

Kegiatan ini, diharapkan para guru di M.Ts. Al-Khairaat Bora dapat lebih memahami dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya berpikir sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata kontribusi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Check Also

Menggali Potensi Kreatif Mahasiswa Pendidikan Fisika: Pelatihan Proposal Kreativitas, Awal Misi Menuju Kompetisi Nasional

Program Studi Pendidikan Fisika baru-baru ini menghadirkan sebuah pelatihan yang memacu semangat inovasi, “Pelatihan Pembuatan …